Latest News

Lahirnya Tradisi Dan Budaya Pelanggaran Hukum – Bag 1




Akhir-akhir ini disepanjang jalan-jalan raya di ibu kota negara Indonesia tercinta ini, kita bisa menjumpai ada begitu banyak hal yang sangat mencengangkan, mulai dari arogannya pengendara motor di jalan raya sampai kepada pemandangan pungutan-pungutan liar yang terjadi dimana-mana.

Pertanyaannya kenapa ini bisa terjadi . . . ?. Tidak ada jawaban yang lain, selain yang satu ini yaitu “hukum di indonesia seperti tidak berdaya”. Negara ini adalah negara hukum, tetapi yang terjadi adalah tidak adanya penegakan hukum membuat keadaan negara ini menjadi tidak teratur dan bagaikan negara yang tanpa hukum.

Sebut saja contoh-contoh kecil yang bisa dilihat setiap hari terjadi terus-menerus yaitu mulai dari pengendara motor anak-anak sekolah yang masih dibangku SMP sudah mengendarai motor sendiri kesekolah, dan hal ini seperti dibiarkan oleh petugas polisi lalulintas yang tidak pernah mau menindak tegas, dan terkesan seperti membiarkan begitu saja. Padahal dari faktor usia jelas anak yang masih SMP pasti tidak memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi).

Beberapa waktu yang lalu begitu terjadi kecelakaan maut akibat dari kendaraan yang dikendarai oleh anak yang masih berusia dibawah umur dan mengakibatkan jatuhnya beberapa korban nyawa, terlihat hampir diseluruh Indonesia Polisi Lalulintas melakukan razia kendaraan bermotor terhadap anak-anak sekolah yang mengendarai motor sendiri, dan dari hasil pemeriksaan ternyata rata-rata mereka tidak memiliki SIM, tetapi apa yang terjadi adalah operasi ini hanya berlangsung beberapa hari saja.

Akibat dari tidak adanya tindakan tegas yang bisa membuat efek jerah, membuat keadaan ini terulang kembali. Artinya anak-anak yang masih dibawah umur ini kembali bebas menggunakan kendaraan sendiri kesekolah. Lalu hal ini juga seperti didukung oleh para orang tua yang tidak memiliki akan kesadaran hukum sehingga sengaja membiarkan anak-anak mereka pergi ke sekolah mengendarai motor sendiri walaupun orang tua tahu kalau anaknya belum 17 tahun, sehingga ia belum bisa memiliki SIM.

Dan dari kejadian-kejadian yang terjadi hampir setiap hari, tingkat kecelakan yang sering terjadi dipagi hari kebanyakan terjadi pada anak-anak sekolah yang mengendarai motor sendiri kesekolah.

Pertanyaannya kenapa aparat hukum dalam hal ini Polisi Lalulintas seperti menutup mata melihat keadaan ini setiap hari. Dikatakan demikian karena setiap pagi banyak Polisi Lalulintas yang ada dijalan untuk mengatur arus lalulintas tidak pernah bertindak apa-apa. Kalau demikian bukankah itu berarti Polisi Lalulintas telah membiarkan pelanggaran hukum terjadi.

Pemandangan seperti ini setiap hari bisa kita jumpai dimana-mana ketika kita berada dijalan raya, dan itu terus terjadi yang pada akhirnya mengakibatkan dampak yang tidak baik untuk penegakan hukum di Indonesia. Bahkan keadaan ini bisa melahirkan sebuah tradisi atau budaya baru di Indonesia, yaitu budaya pelanggaran hukum.

Dengan pembiaran pelanggaran seperti ini terus terjadi maka dampaknya adalah, generasi muda ini secara tidak langsung telah di didik oleh sebuah keadaan yang akan berdampak kepada  tidak adanya kesadaran hukum dikalangan generasi muda. Kalau sampai tidak ada lagi kesadaran hukum dikalangan generasi muda, maka dapat dipastikan generasi yang akan datang semakin tidak perduli dan tidak mau tunduk kepada hukum.

Bila demikian, kedepannya moral generasi muda bangsa ini pasti hancur. Dan pertanyaannya sekarang siapa yang bertanggung jawab . . ?. Orang tua sengaja membiarkan dan aparat hukum tidak pernah bertindak tegas dalam menegakkan hukum.

Ok, tulisan ini akan bersambung di : Lahirnya Tradisi Dan Budaya Pelanggaran Hukum – Bag 2.

2 Responses to "Lahirnya Tradisi Dan Budaya Pelanggaran Hukum – Bag 1"

  1. Maaf Ganggu, sesama umat manusia harus saling membantu
    disini aku ingin memberikan solusi untuk cara mendapatkan
    pundi pundi uang untuk menutupi kebutuhan, ini memang NYATA !!!
    Silahkan bergabung dengan keberuntungan yang melimpah
    di P-O-K-E-R-A-Y-A-M.co dan dapatkan jackpot ratusan juta
    Hanya dengan Minimal Deposit 10 ribu akan menjadi Rumah Mewah
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    BalasHapus
  2. jangan lupa mampir gan www.addblog.me

    BalasHapus